UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.60130/ja.v12i01.117Keywords:
motivasi, berprestasi, mahasiswaAbstract
Achievement motivation is one of the variables that determine one's success. This article aims to discuss achievement motivation as an important factor that also determines the success of a student in his study. There are several formulations of the problem posed. First, what is achievement motivation? Second, what are the dimensions of achievement motivation? Third, what factors influence student achievement motivation? Fourth, how are the efforts made to increase achievement motivation in students? By using the literature study method and reviewing research findings regarding achievement motivation, the writer concludes. First, achievement motivation is an internal driving force that drives an individual to achieve high goals in an effort to achieve success and high performance. Second, the dimensions of achievement motivation are goal orientation, need for achievement, locus of control and fear of failure. Third, the factors that influence student achievement motivation are internal factors, consisting of personal goals, self-expectations, independence and external factors consist of the learning environment, environmental support, rewards and recognition. Fourth, efforts to increase achievement motivation are setting clear goals, providing constructive feedback, creating a supportive environment, applying interactive learning methods and building connections with subjects.
[Motivasi berprestasi merupakan salah satu variabel yang menentukan keberhasilan seseorang. Artikel ini bertujuan untuk membahas motivasi berprestasi sebagai salah satu faktor penting yang turut menentukan keberhasilan seorang mahasiswa dalam proses perkuliahannya. Ada beberapa rumusan masalah yang diajukan dalam artikel ini. Pertama, apa itu motivasi berprestasi? Kedua, apa-apa saja dimensi motivasi berprestasi? Ketiga, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi berprestasi mahasiswa? Keempat, bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada mahasiswa? Dengan menggunakan metode studi literatur dan mengkaji temuan penelitian seputar motivasi berprestasi, penulis menyimpulkan sebagai berikut. Pertama, motivasi berprestasi merupakan penggerak internal yang mendorong individu untuk mencapai tujuan yang tinggi dalam upaya mencapai keberhasilan dan kinerja yang tinggi. Kedua, dimensi-dimensi motivasi berprestasi adalah orientasi tujuan, kebutuhan berprestasi, lokus kontrol dan ketakutan akan kegagalan. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi pada mahasiswa adalah sebagai berikut: faktor internal yang terdiri dari tujuan pribadi, harapan diri, kemandirian dan faktor eksternal yang terdiri dari lingkungan belajar, dukungan lingkungan (keluarga, teman sebaya dan dosen), penghargaan dan pengakuan. Keempat, upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada mahasiswa yaitu menetapkan tujuan yang jelas, memberikan umpan balik yang konstruktif, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, menerapkan metode pembelajaran interaktif dan membangun koneksi dengan mata pelajaran.]











